Selasa, 22 November 2016

RPP Bahasa Indonesia kelas 5 (menulis laporan hasil kunjungan)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                         : SD Islam
Mata pelajaran                         : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : V / I (satu)
Waktu                                     : 1 x  pertemuan (3 x 35 menit)
Hari / tanggal                          : Rabu / 2 September 2015

A.  Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.
B.  Kompetensi Dasar
2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar 
C.  Indikator
2.2.1   Menyebutkan hal-hal yang perlu dijelaskan dalam laporan hasil kunjungan.
2.2.2   Menuliskan laporan hasil kunjungan yang telah dilakukan.
D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui kegiatan tanya jawab, siswa mampu menyebutkan hal-hal yang perlu dijelaskan dalam laporan hasil kunjungan dengan baik.
2.    Dengan menggunakan pengalaman kunjungan, siswa dapat menuliskan laporan hasil kunjungan yang telah dilakukan secara rinci.

E.  Materi Ajar
Menulis laporan hasil kunjungan (terlampir)
F.   Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Small group discussion
-          Demonstrasi
-          Resitasi

G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.
·         Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
·         Guru melakukan apersepsi dengan menanyai siswa seperti “siapa yang pernah mengunjungi suatu tempat wisata? Apa yang kalian lakukan disana?”
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.




10 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Guru menjelaskan materi tentang “laporan kunjungan”.
·         Salah satu siswa diminta oleh Guru untuk menceritakan sebuah kunjungan yang pernah dilakukan.
·         Siswa dipancing untuk menganalisis hal-hal apasaja yang perlu dijelaskan dalam laporan kunjungan.
·         Guru meluruskan jawaban siswa dan menambahkan keterangan.

Elaborasi
·      Guru mengajak siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui kegiatan demonstrasi.
·      Siswa diajak keluar kelas
·      Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
·      Untuk menentukan kelompok, guru mengajak siswa melakukan permaianan berhitung.
·      Guru memita siswa membentuk kelompok sesuai angka yang disebutkan guru. Misal : guru menyebut angka 5, maka anak-anak berkumpul lima-lima. Guru menyebutkan beberapa angka hingga angka 4 untuk yang terakhir kali.
·      Setiap kelompok yang sudah terbentuk diberi kertas berisi tugas kunjungan.Kelompok pertama membuat laporan kunjungan ke masjid, kelompok kedua membuat laporan kunjungan ke perpustakaan, kelompok ketiga melakukan kunjungan ke kantin sekolah, dan kelompok ke empat membuat laporan kunjungan ke halaman sekolah.
·      Siswa diberi waktu 15 menit untuk melakukan kunjungan dan menulis laporan.
·      Guru mendampingi siswa dan memberi pengarahan.
·      Siswa diminta untuk kembali ke dalam kelas.

Konfirmasi
·      Guru meminta delegasi dari setiap kelompok untuk menceritakan hasil kunjungannya.
·      Siswa dengan bimbingan guru memberi tanggapan tentang pemaparan siswa yang maju.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan terhadap hasil belajar.
·      Siswa diminta membuat rangkuman tentang pembelajaran hari ini.













85 menit
Penutup
·         Guru memberikan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dillakukan.
·         Guru memberikan penghargaan kepada seluruh siswa atas partisipasi aktifnya dalam proses pembelajaran.
·         Guru memberi tugas berupa membuat laporan kunjungan untuk dikerjakan di rumah.
·         Guru menutup pembelajaran dengan mengajak siswa membaca hamdalah bersama-sama.
·         Guru mengingatkan peserta didik untuk selalu belajar.
·         Guru mengucapkan salam penutup.
10    Menit
H.    Sumber dan Media Belajar
a.    Buku Bahasa Indonesia BSE Kelas V SD,
b.    lingkungan sekolah
c.    kertas tugas

I.       Penilaian Hasil Belajar
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.      Menyebutkan hal-hal yang perlu dijelaskan dalam laporan hasil kunjungan.
Tes lisan



Tanya jawab



1.      Apa saja hal-hal yang perlu dijelaskan dalam membuat laporan kunjungan?

2.      Menuliskan laporan hasil kunjungan yang telah dilakukan.
Tes tulis

Tes kinerja
Membuat laporan

Penilaian proses
-          Terlampir


-          Terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah


                                 
NIP. -

Guru Kelas V


                       
NIP. -
Praktikan

Dina Fitriyani
NIM 123911042

LAMPIRAN
1.         Materi / Bahan Ajar

2.         Penilaian
a.       Tertulis
1.      Buatlah laporan hasil kunjunganmu bersama kelompokmu!
Kriteria yang dinilai:
a)      Kerapian tulisan
b)      Susunan kalimat
c)      Tanda bacaan
d)     Isi laporan
1.      Judul Laporan                         :
2.      Tujuan                                                 :
3.      Hari / tanggal                           :
4.      Pukul                                       :
5.      Jumlah peserta                         :
6.      a . Kegiatan kunjungan           :
b. Pesan dan kesan                  :
b.      Kinerja proses
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai
Tertib
Disiplin
Partisipasi Diskusi


















Rubrik Penilaian
Aspek/ skor
3
2
1
Ketertiban
Berdiam diri di tempat duduk
Bermain sendiri di dalam kelas
Bermain di dalam kelas dan mengganggu teman
Kedisiplinan
Mematuhi perintah guru
Kurang memperhatikan perintah guru
Tidak memperhatikan perintah guru
Partisipasi diskusi
Berpartisipasi aktif
Kadang bermain, namun tetap berpartisipasi
Bermain sendiri, tidak ikut berpartisipasi.
Nilai    =
Nilai    =
      = 100














LAMPIRAN TUGAS KELOMPOK

Nama : ................................
            .................................
            .................................
            ................................

LAPORAN HASIL KUNJUNGAN
1.      Judul Laporan                     :
2.      Tujuan                                 :
3.      Hari / tanggal                      :
4.      Pukul                                  :
5.      Jumlah peserta                    :
6.      a. Kegiatan kunjungan        :
b.    Pesan dan kesan             :







LAMPIRAN PENILAIAN SIKAP
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai
Tertib
Disiplin
Partisipasi Diskusi
1.
Jefera Arabani
2
3
3
89
2.
Muhammad Rifky Surya P.
1
3
3
78
3.
Muhammad Edo Prasetyo
2
2
3
78
4.
Muhammad Fajar Kurniawan
3
3
3
100
5.
Nazwha kurnia Wijayanti
3
2
1
67
6.
Rasyid Bimantara
2
2
3
78
7.
Salsabila Larissa
3
3
3
100
8.
Sandi Fareza
1
3
3
78
9.
Dimas Damara Rusdiantoro P.
2
3
3
89
10.
Rina Dwi Lestari
3
3
3
100
11.
Vanesa Sya’bana
3
2
3
89
12.
Nafisa Zahwa Aulia
2
3
1
67
13.
Adel Rivannya Raysworo
3
3
3
100

Aspek/ skor
3
2
1
Ketertiban
Berdiam diri di tempat duduk
Bermain sendiri di dalam kelas
Bermain di dalam kelas dan mengganggu teman
Kedisiplinan
Mematuhi perintah guru
Kurang memperhatikan perintah guru
Tidak memperhatikan perintah guru
Partisipasi diskusi
Berpartisipasi aktif
Kadang bermain, namun tetap berpartisipasi
Bermain sendiri, tidak ikut berpartisipasi.










LAMPIRAN
NILAI TUGAS KELOMPOK KUNJUNGAN
Kelompok
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai
Kerapian tulisan
Susunan Kalimat
Tanda baca
4
Jefera Arabani
3
2
2
78
2
Muhammad Rifky Surya P.
2
2
2
67
1
Muhammad Edo Prasetyo
2
2
2
67
4
Muhammad Fajar Kurniawan
3
2
2
78
3
Nazwha kurnia Wijayanti
3
2
2
78
1
Rasyid Bimantara
2
2
2
67
4
Salsabila Larissa
3
2
2
78
1
Sandi Fareza
2
2
2
67
4
Dimas Damara Rusdiantoro P.
3
2
2
78
2
Rina Dwi Lestari
2
2
2
67
3
Vanesa Sya’bana
3
2
2
78
3
Nafisa Zahwa Aulia
3
2
2
78
2
Adel Rivannya Raysworo
2
2
2
67

Aspek/ skor
3
2
1
Kerapian tulisan
Tulisan rapi dan dapat dibaca dengan jelas
Tulisan rapi namun sulit dibaca
Tulisan kurang rapi dan sulit dibaca
Susunan kaimat
Kalimat disusun secara sistematis dan menggunakan EYD yang benar
Kalimat di susun kurang sistematis namun menggunakan EYD yang benar.
Anatara kalimat satu dan yang lain tidak ada hubungannya.
Tanda baca
Menggunakan tanda baca dengan tepat
Menggunakan tanda baca kurang tepat
Tidak menyertakan tanda baca
Nilai    =
Nilai    =
      = 100


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar