RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SD Islam
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / I (satu)
Waktu : 1 x pertemuan (3 x 35 menit)
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : V / I (satu)
Waktu : 1 x pertemuan (3 x 35 menit)
Hari / tanggal :
Rabu / 2 September 2015
A.
Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan
pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu
persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Menceritakan
hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar
C.
Indikator
2.2.1 Menyebutkan hal-hal yang perlu dijelaskan dalam
laporan hasil kunjungan.
2.2.2 Menuliskan laporan hasil kunjungan yang telah
dilakukan.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan tanya jawab,
siswa mampu menyebutkan hal-hal yang perlu dijelaskan dalam laporan hasil kunjungan
dengan baik.
2.
Dengan menggunakan pengalaman
kunjungan, siswa dapat menuliskan laporan hasil kunjungan yang
telah dilakukan secara rinci.
E.
Materi Ajar
Menulis laporan
hasil kunjungan (terlampir)
F.
Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya jawab
-
Small group discussion
-
Demonstrasi
-
Resitasi
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam dan menyapa siswa.
·
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
·
Guru
melakukan apersepsi dengan menanyai siswa seperti “siapa yang pernah
mengunjungi suatu tempat wisata? Apa yang kalian lakukan disana?”
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan
materi tentang “laporan kunjungan”.
·
Salah satu
siswa diminta oleh Guru untuk menceritakan sebuah kunjungan yang pernah
dilakukan.
·
Siswa dipancing
untuk menganalisis hal-hal apasaja yang perlu dijelaskan dalam laporan
kunjungan.
·
Guru
meluruskan jawaban siswa dan menambahkan keterangan.
Elaborasi
·
Guru mengajak
siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui kegiatan demonstrasi.
·
Siswa diajak
keluar kelas
·
Siswa dibagi
menjadi 4 kelompok
·
Untuk
menentukan kelompok, guru mengajak siswa melakukan permaianan berhitung.
·
Guru memita
siswa membentuk kelompok sesuai angka yang disebutkan guru. Misal : guru
menyebut angka 5, maka anak-anak berkumpul lima-lima. Guru menyebutkan
beberapa angka hingga angka 4 untuk yang terakhir kali.
·
Setiap
kelompok yang sudah terbentuk diberi kertas berisi tugas kunjungan.Kelompok
pertama membuat laporan kunjungan ke masjid, kelompok kedua membuat laporan
kunjungan ke perpustakaan, kelompok ketiga melakukan kunjungan ke kantin
sekolah, dan kelompok ke empat membuat laporan kunjungan ke halaman sekolah.
·
Siswa diberi
waktu 15 menit untuk melakukan kunjungan dan menulis laporan.
·
Guru
mendampingi siswa dan memberi pengarahan.
·
Siswa diminta
untuk kembali ke dalam kelas.
Konfirmasi
·
Guru meminta
delegasi dari setiap kelompok untuk menceritakan hasil kunjungannya.
·
Siswa dengan
bimbingan guru memberi tanggapan tentang pemaparan siswa yang maju.
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpemahaman, memberi penguatan dan
penyimpulan terhadap hasil belajar.
·
Siswa diminta
membuat rangkuman tentang pembelajaran hari ini.
|
85
menit
|
Penutup
|
·
Guru
memberikan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dillakukan.
·
Guru
memberikan penghargaan kepada seluruh siswa atas partisipasi aktifnya dalam
proses pembelajaran.
·
Guru memberi
tugas berupa membuat laporan kunjungan untuk dikerjakan di rumah.
·
Guru menutup
pembelajaran dengan mengajak siswa membaca hamdalah bersama-sama.
·
Guru
mengingatkan peserta didik untuk selalu belajar.
·
Guru
mengucapkan salam penutup.
|
10
Menit
|
H.
Sumber dan Media Belajar
a.
Buku Bahasa
Indonesia BSE Kelas V SD,
b.
lingkungan
sekolah
c.
kertas tugas
I.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
1.
Menyebutkan
hal-hal yang perlu dijelaskan dalam laporan hasil kunjungan.
|
Tes lisan
|
Tanya
jawab
|
1. Apa saja hal-hal yang perlu dijelaskan dalam
membuat laporan kunjungan?
|
2.
Menuliskan laporan
hasil kunjungan yang telah dilakukan.
|
Tes
tulis
Tes
kinerja
|
Membuat
laporan
Penilaian
proses
|
-
Terlampir
-
Terlampir
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP. -
|
Guru Kelas V
NIP. -
|
Praktikan
Dina Fitriyani
NIM
123911042
LAMPIRAN
1.
Materi / Bahan Ajar
2.
Penilaian
a.
Tertulis
1.
Buatlah laporan hasil
kunjunganmu bersama kelompokmu!
Kriteria yang dinilai:
a)
Kerapian tulisan
b)
Susunan kalimat
c)
Tanda bacaan
d) Isi laporan
1.
Judul Laporan :
2.
Tujuan :
3.
Hari / tanggal :
4.
Pukul :
5.
Jumlah peserta :
6.
a . Kegiatan kunjungan :
b. Pesan dan kesan :
b.
Kinerja proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai
|
||
Tertib
|
Disiplin
|
Partisipasi Diskusi
|
|||
Rubrik
Penilaian
Aspek/
skor
|
3
|
2
|
1
|
Ketertiban
|
Berdiam
diri di tempat duduk
|
Bermain
sendiri di dalam kelas
|
Bermain di dalam kelas dan mengganggu
teman
|
Kedisiplinan
|
Mematuhi perintah
guru
|
Kurang
memperhatikan perintah guru
|
Tidak
memperhatikan perintah guru
|
Partisipasi
diskusi
|
Berpartisipasi
aktif
|
Kadang bermain, namun tetap berpartisipasi
|
Bermain
sendiri, tidak ikut berpartisipasi.
|
Nilai = 

Nilai = 

= 100
LAMPIRAN TUGAS KELOMPOK
Nama : ................................
.................................
.................................
................................
LAPORAN HASIL KUNJUNGAN
1.
Judul Laporan :
2.
Tujuan :
3.
Hari / tanggal :
4.
Pukul :
5.
Jumlah peserta :
6.
a. Kegiatan kunjungan :
b. Pesan dan kesan :
LAMPIRAN PENILAIAN
SIKAP
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai
|
||
Tertib
|
Disiplin
|
Partisipasi Diskusi
|
|||
1.
|
Jefera Arabani
|
2
|
3
|
3
|
89
|
2.
|
Muhammad Rifky Surya P.
|
1
|
3
|
3
|
78
|
3.
|
Muhammad Edo Prasetyo
|
2
|
2
|
3
|
78
|
4.
|
Muhammad Fajar Kurniawan
|
3
|
3
|
3
|
100
|
5.
|
Nazwha kurnia Wijayanti
|
3
|
2
|
1
|
67
|
6.
|
Rasyid Bimantara
|
2
|
2
|
3
|
78
|
7.
|
Salsabila Larissa
|
3
|
3
|
3
|
100
|
8.
|
Sandi Fareza
|
1
|
3
|
3
|
78
|
9.
|
Dimas Damara Rusdiantoro P.
|
2
|
3
|
3
|
89
|
10.
|
Rina Dwi Lestari
|
3
|
3
|
3
|
100
|
11.
|
Vanesa Sya’bana
|
3
|
2
|
3
|
89
|
12.
|
Nafisa Zahwa Aulia
|
2
|
3
|
1
|
67
|
13.
|
Adel Rivannya Raysworo
|
3
|
3
|
3
|
100
|
Aspek/
skor
|
3
|
2
|
1
|
Ketertiban
|
Berdiam
diri di tempat duduk
|
Bermain
sendiri di dalam kelas
|
Bermain di dalam kelas dan mengganggu
teman
|
Kedisiplinan
|
Mematuhi
perintah guru
|
Kurang
memperhatikan perintah guru
|
Tidak
memperhatikan perintah guru
|
Partisipasi
diskusi
|
Berpartisipasi
aktif
|
Kadang bermain, namun tetap berpartisipasi
|
Bermain
sendiri, tidak ikut berpartisipasi.
|
LAMPIRAN
NILAI TUGAS KELOMPOK
KUNJUNGAN
Kelompok
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Nilai
|
||
Kerapian tulisan
|
Susunan Kalimat
|
Tanda baca
|
|||
4
|
Jefera Arabani
|
3
|
2
|
2
|
78
|
2
|
Muhammad Rifky Surya P.
|
2
|
2
|
2
|
67
|
1
|
Muhammad Edo Prasetyo
|
2
|
2
|
2
|
67
|
4
|
Muhammad Fajar Kurniawan
|
3
|
2
|
2
|
78
|
3
|
Nazwha kurnia Wijayanti
|
3
|
2
|
2
|
78
|
1
|
Rasyid Bimantara
|
2
|
2
|
2
|
67
|
4
|
Salsabila Larissa
|
3
|
2
|
2
|
78
|
1
|
Sandi Fareza
|
2
|
2
|
2
|
67
|
4
|
Dimas Damara Rusdiantoro P.
|
3
|
2
|
2
|
78
|
2
|
Rina Dwi Lestari
|
2
|
2
|
2
|
67
|
3
|
Vanesa Sya’bana
|
3
|
2
|
2
|
78
|
3
|
Nafisa Zahwa Aulia
|
3
|
2
|
2
|
78
|
2
|
Adel Rivannya Raysworo
|
2
|
2
|
2
|
67
|
Aspek/
skor
|
3
|
2
|
1
|
Kerapian
tulisan
|
Tulisan
rapi dan dapat dibaca dengan jelas
|
Tulisan
rapi namun sulit dibaca
|
Tulisan kurang rapi dan sulit dibaca
|
Susunan
kaimat
|
Kalimat
disusun secara sistematis dan menggunakan EYD yang benar
|
Kalimat
di susun kurang sistematis namun menggunakan EYD yang benar.
|
Anatara
kalimat satu dan yang lain tidak ada hubungannya.
|
Tanda
baca
|
Menggunakan
tanda baca dengan tepat
|
Menggunakan tanda baca kurang tepat
|
Tidak
menyertakan tanda baca
|
Nilai = 

Nilai = 

= 100