RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SD Islam
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : II / I (satu)
Waktu : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : II / I (satu)
Waktu : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
Hari
/ tanggal :
Selasa / 1 September 2015
A. Standar
Kompetensi
2.
Menampilkan sikap cinta lingkungan
B. Kompetensi
Dasar
2.2 Melaksanakan pemeliharaan
lingkungan alam
C. Indikator
2.2.1 Menyebutkan contoh sikap mencintai lingkungan dengan
pemeliharaan lingkungan.
2.2.2 Menuliskan kegiatan sehari-hari yang berhubungan
dengan pemeliharaan lingkungan.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui teks bacaan, siswa mampu menyebutkancontoh
sikap mencintai lingkungan dengan pemeliharaan lingkungan dengan baik.
2.
Melalui gambar yang ditunjukkan, siswa dapat menuliskan kegiatan
sehari-hari yang berhubungan dengan pemeliharaan lingkungan dengan tepat.
E. Materi
Ajar
Mari Mencintai Lingkungan
(terlampir)
F. Metode
Pembelajaran
-
Picture and picture
-
Ceramah
-
Tanya jawab.
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan
salam dan menyapa siswa.
·
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
·
Guru
melakukan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Padamu Negeri”
·
Melalui lagu
tersebut, guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
5 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
·
Guru membagikan
buku paket kepada siswa.
·
Siswa diminta
membaca materi “Mari mencintai lingkungan” dalam buku.
·
Siswa
menjelaskan isi bacaan tersebut dengan bantuan dari guru.
·
Guru
meluruskan jawaban siswa dan menambahkan keterangan.
Elaborasi
·
Guru mengajak
siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui kegiatan permainan picture
and picture.
·
Guru
menempelkan gambar secara acak pada media tempel.
·
Guru
menjelaskan aturan dari permainan tersebut kepada siswa.
·
Guru meminta
siswa untuk menunjukkan gambar sebab dan gambar akibat dengan benar dari
suatu perbuatan manusia di papan tempel.
·
Guru menunjuk
siswa untuk maju hingga permaianan terselesaikan.
Konfirmasi
·
Guru bersama
siswa mengoreksi jawaban di media tempel.
·
Guru meminta
siswa untuk membenarkan jawaban jika ada kesalahan.
·
Siswa diberi
soal untuk dikerjakan.
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpemahaman, memberi penguatan dan
penyimpulan terhadap hasil belajar.
|
55 menit
|
Penutup
|
·
Guru
memberikan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dillakukan.
·
Guru
memberikan penghargaan kepada seluruh siswa atas partisipasi aktifnya dalam
proses pembelajaran.
·
Guru memberi
tugas untuk dikerjakan di rumah.
·
Guru menutup pembelajaran dengan
mengajak siswa membaca hamdalah bersama-sama.
·
Guru
mengingatkan peserta didik untuk selalu belajar.
·
Guru mengucapkan salam penutup.
|
10 Menit
|
H. Sumber dan Media Belajar
a.
Buku PKn BSE Kelas II
SD, buku pegangan siswa, LKS
b.
Gambar tentang mencintai lingkungan
I.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
1.
Menunjukkan
contoh sikap mencintai lingkungan dengan pemeliharaan lingkungan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
1. Coba sebutkan 5 contoh sikap mencintai
lingkungan yang dapat kalian lakukan!
|
2.
Menuliskankegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan pemeliharaan
lingkungan
|
Tes
tulis
Tes
kinerja
|
Isian
Penilaian
proses
|
-
Terlampir
-
Terlampir
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
NIP. -
|
Guru Kelas II
NIP. -
|
Praktikan
Dina Fitriyani
NIM 123911042
LAMPIRAN
1.
Materi / Bahan Ajar
Mari
mencintai Lingkungan
Kalian sudah
mengenal lingkungan alam.
Ada
tumbuhan, ada pula hewan.
Kalian juga
melihat akibat kerusakan alam.
Jika
lingkungan terjaga, manusia yang untung.
Jika
lingkungan rusak, manusia juga yang rugi,
Mari kita
berjanji untuk mencintai lingkungan dengan cara menjaga dan melestarikannya.
LAGU PADAMU
NEGERI
Padamu
negeri kami berjanji
Padamu
negeri kami berbakti
Padamu
negeri kami mengabdi
Bagimu
negeri jiwa raga kami
2.
Penilaian
a. Tertulis (uraian)
1. Coba sebutkan 5 contoh sikap mencintai lingkungan yang
dapat kalian lakukan!
Jawaban :
......
2. Sebutkan 3 akibat merusak lingkungan!
3. Bagaimana cara merawat tanaman? Sebutkan 2!
Nilai = jumlah betul x 10
= 10 x 100
= 100
b. Tertulis (isian)
1. Hutan yang ...... dapat menyebabkan banjir dan tanah
longsor.
2. Kita harus membuang ...... pada tempatnya.
3. Sampah yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan
.....
4. Menyapu dapat membuat halaman menjadi .......
5. Mencintai lingkungan dengan cara .....................
hewan dan tumbuhan.
Kunci
jawaban : nilai : jumlah
betul x 20
1. gundul 4. bersih :
5 x20
2. sampah 5.
Menjaga/melestarikan :
100
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
|
1.
|
Fitri Oktaviani
|
40
|
|
2.
|
Afanda Kurnia Sandika
|
80
|
|
3.
|
Albyla Widiastuti
|
90
|
|
4.
|
Auzi’ni Ainun Zida
|
40
|
|
5.
|
Azizahra Dwi Cahyaningsih
|
80
|
|
6.
|
Farel Satria Putra
|
80
|
|
7.
|
Ilham Bintang Setyawan
|
70
|
|
8.
|
Indhira Nur Baety
|
80
|
|
9.
|
Lisa Amelia
|
60
|
|
10.
|
Mario Abdie Wibowo
|
80
|
|
11.
|
Maulvi Nazir Achmad
|
100
|
|
12.
|
Maura Anjani Pratama Putri
|
90
|
|
13.
|
Mutiara Azzahra
|
80
|
|
14.
|
Nur Zahra Fadhillah
|
90
|
|
15.
|
Suryo Ningrum
|
60
|
|
16.
|
Yustin Pertiwi
|
40
|
|
17.
|
Obet
|
20
|
c. Kinerja proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
|
Keaktifan
|
Kedisiplinan
|
|||
1.
|
Fitri Oktaviani
|
3
|
2
|
62.5
|
2.
|
Afanda Kurnia Sandika
|
3
|
3
|
75
|
3.
|
Albyla Widiastuti
|
4
|
3
|
87.5
|
4.
|
Auzi’ni Ainun Zida
|
3
|
3
|
75
|
5.
|
Azizahra Dwi Cahyaningsih
|
3
|
3
|
75
|
6.
|
Farel Satria Putra
|
3
|
3
|
75
|
7.
|
Ilham Bintang Setyawan
|
3
|
4
|
87.5
|
8.
|
Indhira Nur Baety
|
3
|
2
|
62.5
|
9.
|
Lisa Amelia
|
2
|
4
|
75
|
10.
|
Mario Abdie Wibowo
|
3
|
2
|
62.5
|
11.
|
Maulvi Nazir Achmad
|
3
|
1
|
50
|
12.
|
Maura Anjani Pratama Putri
|
3
|
4
|
87.5
|
13.
|
Mutiara Azzahra
|
3
|
3
|
75
|
14.
|
Nur Zahra Fadhillah
|
4
|
3
|
87.5
|
15.
|
Suryo Ningrum
|
2
|
2
|
50
|
16.
|
Yustin Pertiwi
|
2
|
2
|
50
|
17.
|
Obet
|
3
|
4
|
87.5
|
Kriteria
penilaian :
4=
baik sekali, 3= baik, 2= cukup baik, 1= perlu dibenahi
Nilai =


Nilai = 

=
100