Selasa, 22 November 2016

RPP PKN kelas 2 (cinta lingkungan)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                         : SD Islam
Mata pelajaran                         : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester                      : II / I (satu)
Waktu                                     : 1 x  pertemuan (2 x 35 menit)
Hari / tanggal                          : Selasa / 1 September 2015

A.  Standar Kompetensi
2. Menampilkan sikap cinta lingkungan
B.  Kompetensi Dasar
2.2 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
C.  Indikator
2.2.1   Menyebutkan contoh sikap mencintai lingkungan dengan pemeliharaan lingkungan.
2.2.2   Menuliskan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan pemeliharaan lingkungan.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui teks bacaan, siswa mampu menyebutkancontoh sikap mencintai lingkungan dengan pemeliharaan lingkungan dengan baik.
2.    Melalui gambar yang ditunjukkan, siswa dapat menuliskan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan pemeliharaan lingkungan dengan tepat.

E.  Materi Ajar
Mari Mencintai Lingkungan (terlampir)
F.   Metode Pembelajaran
-          Picture and picture
-          Ceramah
-          Tanya jawab.
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa.
·         Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
·         Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Padamu Negeri”
·         Melalui lagu tersebut, guru menjelaskan tujuan pembelajaran.




5 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·         Guru membagikan buku paket kepada siswa.
·         Siswa diminta membaca materi “Mari mencintai lingkungan” dalam buku.
·         Siswa menjelaskan isi bacaan tersebut dengan bantuan dari guru.
·         Guru meluruskan jawaban siswa dan menambahkan keterangan.

Elaborasi
·      Guru mengajak siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui kegiatan permainan picture and picture.
·      Guru menempelkan gambar secara acak pada media tempel.
·      Guru menjelaskan aturan dari permainan tersebut kepada siswa.
·      Guru meminta siswa untuk menunjukkan gambar sebab dan gambar akibat dengan benar dari suatu perbuatan manusia di papan tempel.
·      Guru menunjuk siswa untuk maju hingga permaianan terselesaikan.

Konfirmasi
·      Guru bersama siswa mengoreksi jawaban di media tempel.
·      Guru meminta siswa untuk membenarkan jawaban jika ada kesalahan.
·      Siswa diberi soal untuk dikerjakan.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan terhadap hasil belajar.












55 menit
Penutup
·         Guru memberikan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dillakukan.
·         Guru memberikan penghargaan kepada seluruh siswa atas partisipasi aktifnya dalam proses pembelajaran.
·         Guru memberi tugas untuk dikerjakan di rumah.
·         Guru menutup pembelajaran dengan mengajak siswa membaca hamdalah bersama-sama.
·         Guru mengingatkan peserta didik untuk selalu belajar.
·         Guru mengucapkan salam penutup.
10    Menit

H.    Sumber dan Media Belajar
a.    Buku PKn BSE Kelas II SD, buku pegangan siswa, LKS
b.    Gambar tentang mencintai lingkungan

I.       Penilaian Hasil Belajar
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.      Menunjukkan contoh sikap mencintai lingkungan dengan pemeliharaan lingkungan
Tes tertulis



Uraian



1.      Coba sebutkan 5 contoh sikap mencintai lingkungan yang dapat kalian lakukan!



2.      Menuliskankegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan pemeliharaan lingkungan
Tes tulis


Tes kinerja
Isian



Penilaian proses
-          Terlampir


-          Terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah


                           
NIP. -

Guru Kelas II


            
NIP. -
Praktikan


Dina Fitriyani
NIM 123911042



LAMPIRAN
1.         Materi / Bahan Ajar
Mari mencintai Lingkungan
Kalian sudah mengenal lingkungan alam.
Ada tumbuhan, ada pula hewan.
Kalian juga melihat akibat kerusakan alam.
Jika lingkungan terjaga, manusia yang untung.
Jika lingkungan rusak, manusia juga yang rugi,
Mari kita berjanji untuk mencintai lingkungan dengan cara menjaga dan melestarikannya.

LAGU PADAMU NEGERI
Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami

2.         Penilaian
a.       Tertulis (uraian)
1.      Coba sebutkan 5 contoh sikap mencintai lingkungan yang dapat kalian lakukan!
Jawaban : ......
2.      Sebutkan 3 akibat merusak lingkungan!
3.      Bagaimana cara merawat tanaman? Sebutkan 2!
Nilai            = jumlah betul x 10
                  = 10 x 100
                  = 100

b.      Tertulis (isian)
1.      Hutan yang ...... dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor.
2.      Kita harus membuang ...... pada tempatnya.
3.      Sampah yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan .....
4.      Menyapu dapat membuat halaman menjadi .......
5.      Mencintai lingkungan dengan cara ..................... hewan dan tumbuhan.

Kunci jawaban :                                                      nilai     : jumlah betul x 20
1. gundul                4. bersih                                               : 5 x20
2. sampah                5. Menjaga/melestarikan                     : 100
3. banjir
No
Nama Siswa
Nilai
1.
Fitri Oktaviani
40

2.
Afanda Kurnia Sandika
80

3.
Albyla Widiastuti
90

4.
Auzi’ni Ainun Zida
40

5.
Azizahra Dwi Cahyaningsih
80

6.
Farel Satria Putra
80

7.
Ilham Bintang Setyawan
70

8.
Indhira Nur Baety
80

9.
Lisa Amelia
60

10.
Mario Abdie Wibowo
80

11.
Maulvi Nazir Achmad
100

12.
Maura Anjani Pratama Putri
90

13.
Mutiara Azzahra
80

14.
Nur Zahra Fadhillah
90

15.
Suryo Ningrum
60

16.
Yustin Pertiwi
40

17.
Obet
20


c.       Kinerja proses
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai
Keaktifan
Kedisiplinan
1.
Fitri Oktaviani
3
2
62.5
2.
Afanda Kurnia Sandika
3
3
75
3.
Albyla Widiastuti
4
3
87.5
4.
Auzi’ni Ainun Zida
3
3
75
5.
Azizahra Dwi Cahyaningsih
3
3
75
6.
Farel Satria Putra
3
3
75
7.
Ilham Bintang Setyawan
3
4
87.5
8.
Indhira Nur Baety
3
2
62.5
9.
Lisa Amelia
2
4
75
10.
Mario Abdie Wibowo
3
2
62.5
11.
Maulvi Nazir Achmad
3
1
50
12.
Maura Anjani Pratama Putri
3
4
87.5
13.
Mutiara Azzahra
3
3
75
14.
Nur Zahra Fadhillah
4
3
87.5
15.
Suryo Ningrum
2
2
50
16.
Yustin Pertiwi
2
2
50
17.
Obet
3
4
87.5

Kriteria penilaian :
4= baik sekali, 3= baik, 2= cukup baik, 1= perlu dibenahi
Nilai          =
Nilai          =
                  = 100



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar