RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Islam
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V / 1
Hari / tanggal : Selasa / 25 Agustus 2015
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
1.
Melakukan Operasi
Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi
Dasar
1.2
Menggunakan Faktor Prima untuk menentukan FPB dan KPK
C. Indikator
1.2.1 Menentukan
faktorpersekutuanterbesar (FPB) suatubilangan
1.4.2
Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan faktor persekutuan
terbesar (FPB)
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
bimbingan guru, siswa mampu menentukan faktorpersekutuan terbesar (FPB) suatubilangandengan
baik.
2. Melalui
soal cerita, siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan
faktor persekutuan terbesar (FPB).
E. Materi
Pembelajaran
1. Menentukan
FPB
a. Menggunakan
himpunan faktor persekutuan
b. Menggunakan
pohon faktor.
1. Buatlah
pohon faktor dari kedua bilangan yang dicari FPB-nya.
2. Tulis
faktorisasi primanya.
3. Pilihlah
bilangan pokok yang sama pada kedua faktorisasi prima.
4. Jika
bilangan tersebut memiliki pangkat yang berbeda, ambillah bilangan prima dengan
pangkat yang terendah.
F. Pendekatan
dan Metode
1.
Pendekatan : CTL (Contectual Teaching and Learning)
2.
Metode
: direct
intruction (pengajaran langsung), penugasan
G. Proses
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam dan menyapa siswa.
·
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
·
Guru
melakukan apersepsi dengan menanyai siswa tentang materi sebelumnya. Seperti
“apa yang kalian tahu tentang FPB?”
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5
menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
·
Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang FPB
·
Siswa
memahami materi pembelajaran melalui contoh yang dituliskan guru di papan
tulis.
·
Guru
membimbing siswa untuk menemukan jawaban contoh soal yang dituliskan.
·
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menulis.
Elaborasi
·
Guru
mengajak siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
·
Guru
memberi soal kepada siswa untuk dikerjakan.
·
Guru
memberi kesempatan pada siswa untuk menulis jawaban di papan tulis.
·
Guru
bersama siswa membahas jawaban dari soal yang telah di berikan.
Konfirmasi
·
Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bntuk lisan, tertulis, isyarat,
maupun hadiah terhadap kerberhasilan peserta didik.
·
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpemahaman, memberi penguatan
dan penyimpulan terhadap hasil belajar.
·
Guru
memberikan contoh dalam kehidupan sehari hari manfaat dari belajar menghitung
dua bilangan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari.
|
55
menit
|
Penutup
|
·
Guru
memberikan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dillakukan.
·
Guru
memberi tugas untuk dikerjakan di rumah.
·
Guru
memberikan penghargaan kepada seluruh siswa atas partisipasi aktifnya dalam
belajar dengan mengajak bertepuk tangan bersama.
·
Guru menutup
pembelajaran dengan mengajak siswa membaca hamdalah bersama-sama.
·
Guru
mengingatkan peserta didik untuk selalu belajar.
·
Guru mengucapkan
salam penutup.
|
10 Menit
|
H. Media
dan Sumber Pembelajaran
1. Media
: kertas, papan tulis
2. Sumber
belajar : buku paket BSE matematika 5
untuk SD dan MI kelas 5, penerbit : DEPDIKNAS
I. Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
1. Menentukan
faktorpersekutuanterbesar (FPB) suatubilangan
|
Tes
tulis
|
Isian
|
1. Tentukan FPB dari 18 dan 24!
|
2. Menyelesaikan
masalah sehari-hari dengan menggunakan faktor persekutuan terbesar (FPB)
|
Tes
tulis
Tes
kinerja
|
Isian
Penilaian
proses
|
1.
Pak
Yudi memiliki 12 apel dan 18 jeruk. Apel dan jeruk tersebut akan dimasukkan
ke dalam kantong plastik. Berapa kantong plastik yang dibutuhkan, jika setiap
kantong berisi apel dan jeruk dengan jumlah yang sama?
2.
Terlampir
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
NIP. -
|
Guru Kelas V
NIP. -
|
Praktikan
Dina
Fitriyani
NAMA
:
KELAS
:
MATA
PELAJARAN :
LEMBAR EVALUASI
1. Tentukan
FPB dari soal-soal di bawah ini! (skor 40)
a. 18 dan
24
b. 40 dan
60
c. 24 dan
28
d. 42 dan
63
2. Ada 20
bola kasti hijau dan 30 bola kasti merah. Bola-bola tersebutakan dimasukkan ke
dalam keranjang. Tiap keranjang berisi samabanyak.
a. Berapa keranjang yang
diperlukan?
b. Berapa buah bola hijau dan
bola merah dalam masing-masingkeranjang? (skor 20)
3. Paman
Gober mempunyai 60 ayam jantan dan 100 ayam betina.Ayam itu akan dimasukkan
dalam sebuah kandang sama banyak.
a. Berapa banyak kandang yang
dibutuhkan?
b. Berapa ekor masing-masing ayam
jantan dan ayam betina di setiapkandangnya? (skor 20)
4. Lampu
merah menyala tiap 18 detik sekali lalu padam. Lampu hijaumenyala tiap 24 detik
sekali lalu padam. Jika saat ini kedua lampumenyala bersama. Berapa detik
lagikah kedua lampu menyala bersamasama? (skor 20)
LAMPIRAN PENILAIAN PROSES
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
|
aktif
|
disiplin
|
|||
1.
|
Jefera Arabani
|
4
|
2
|
75
|
2.
|
Muhammad Rifky Surya P.
|
4
|
4
|
100
|
3.
|
Muhammad Edo Prasetyo
|
2
|
2
|
50
|
4.
|
Muhammad Fajar Kurniawan
|
2
|
4
|
75
|
5.
|
Nazwha kurnia Wijayanti
|
4
|
3
|
87.5
|
6.
|
Rasyid Bimantara
|
2
|
2
|
50
|
7.
|
Salsabila Larissa
|
3
|
4
|
87.5
|
8.
|
Sandi Fareza
|
4
|
3
|
87.5
|
9.
|
Dimas Damara Rusdiantoro P.
|
2
|
3
|
62.5
|
10.
|
Rina Dwi Lestari
|
4
|
2
|
75
|
11.
|
Vanesa Sya’bana
|
4
|
2
|
75
|
12.
|
Nafisa Zahwa Aulia
|
2
|
3
|
62.5
|
13.
|
Adel Rivannya Raysworo
|
4
|
2
|
75
|
Kriteria penskoran:
4
= baik sekali
3 = baik
2 =
cukup baik
1 =
perlu dibenahi
Nilai =
, contoh Nilai =